loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Guru Besar Hukum Internasional UI Dukung Sikap Tegas Jokowi soal Yerusalem

loading...

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menilai sikap tegas yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo terkait rencana Pemerintah Amerika Serikat memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem merupakan sikap yang sesuai dengan aspirasi rakyat Indonesia dan karenanya patut didukung.

“Sikap ini menunjukkan Indonesia berpihak kepada bangsa yang direbut tanahnya sejak lama yaitu Palestina. Di samping itu, Presiden juga mengingatkan Trump adanya berbagai resolusi PBB yang meminta agar Israel tidak melakukan pemukiman dan pendudukan di Yerusalem dengan menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel,” ungkap Hikmahanto di Depok, Jumat (8/12/2017).



Ia menambahkan, Presiden tidak hanya mengecam tetapi melakukan tindakan kongkrit berupa usulan pelaksanaan sidang darurat OKI dan sidang darurat Majelis Umum PBB.

“Presiden meminta Menlu untuk memanggil Dubes AS di Indonesia dan menyampaikan sikap resmi pemerintah Indonesia. Masyarakat Indonesia patut untuk mendorong masyarakat AS untuk pergi ke lembaga peradilan dan meminta untuk menghentikan setiap langkah AS yang memindahkan Kedubesnya dari Tel Aviv ke Yerusalem,” jelasnya.

Pengumuman mengenai Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, kata Hikmahanto, akan memicu instabilitas di kawasan Timur Tengah dan dunia, serta menganggu proses perdamaian Palestina dan Israel.

“Bahkan pengumuman itu dapat membahayakan kepentingan AS, termasuk warganya, di luar negeri terutama di negara-negara berpenduduk mayoritas muslim. Oleh sebab itu sangat tepat himbauan Presiden Jokowi agar Trump mempertimbangkan kembali pernyataan yang telah dibuat,” tegas dia.

Namun, Hikmahanto menyatakan alasan Pemerintah AS membuat pengumuman soal pindahnya Kedubes AS adalah dalam rangka memenuhi janji kampanyenya. Menurutnya, belum tentu hal ini akan direalisasi dalam waktu dekat mengingat dua alasan.

"Pertama Presiden Trump segera membuat pengumuman telah menandatangani memorandum untuk mengenyampingkan UU yang mewajibkan kepindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem untuk 6 bulan ke depan. Kedua memindahkan Kedubes AS secara fisik membutuhkan waktu yang cukup panjang," pungkasnya.  Okezone.com


loading...

Comments