loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Cucu Tokoh Pers Adinegoro Terima Sertifikat Tanah dari Jokowi

loading...
Presiden Joko Widodo menyambangi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Jokowi mampir ke rumah tokoh pers dan sastra Indonesia, Djamaluddin Adinegoro.
Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di kediaman keluarga Djamaluddin Adinegoro, Jl Prof M Yamin, Pasar Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis (8/2/2017) sekitar pukul 16.45 WIB. Jokowi langsung disambut pihak keluarga yang diwakilkan cucu Djamaluddin Adinegoro, Medrial Alamsyah.

Medrial mengatakan rumah yang disambangi Jokowi yakni rumah kelahiran Djamaluddin Adinegoro, seorang tokoh pers dan sastra Indonesia. Pihak keluarga berterima kasih dan merasa tersanjung dengan kehadiran Jokowi.

"Ini baru pertama Presiden datang ke sini memperhatikan secara khusus seorang tokoh dan ini luar biasa. Kami berharap kunjungan ini punya makna yang luas, sesuai dengan tujuan Adinegoro sendiri," kata Medrial di hadapan Jokowi.

Medrial juga berharap, ketokohan kakeknya itu bisa menjadi panutan para jurnalis Indonesia dalam melakukan tugas kewartawanannya. "Semoga masyarakat pers juga meniru semangat Adinegoro," katanya.

Dalam kesempatan ini, pihak keluarga membagikan sebuah buku berjudul 'Melawat ke Barat' yang menceritakan tentang perjalanan Adinegoro menimba ilmu jurnalistik ke Eropa.

Sementara itu, kunjungan ini dimanfaatkan Jokowi dengan menyerahkan langsung sertifikat tanah kepada pihak keluarga Adinegoro. Sertifikat itu diterima oleh Eriswati Alamsyah yang juga cucu Adinegoro.

Rencananya, pihak keluarga akan membangun sebuah museum tentang Adinegoro di atas lahan yang sertifikat tanahnya diserahkan langsung oleh Jokowi.

Usai menyerahkan sertifikat tanah dan berbincang dengan pihak keluarga, Jokowi dan Iriana menyempatkan diri untuk mampir dan berziarah ke makam tokoh Prof Dr Mohd Yamin yang tak jauh dari rumah Adinegoro.

Djamaluddin Adinegoro lahir di Takawi, Sawahlunto pada 14 Agustus 1904. Adi merupakan tokoh pers dan sastrawan kawakan Indonesia yang sempat menempuh pendidikan di Stovia pada 1918-1925 dan memperdalam ilmu jurnalistiknya di Jerman dan Belanda pada 1926-1930.

Djamaluddin Adinegoro yang bergelar Datuak Maradjo Sutan ini meninggal di Jakarta pada 8 Januari 1967 pada usia 62 tahun.   detik.com

loading...

Comments