loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Untuk Penyelidikan KPK, LBH Pers akan Bentuk Portal Berita Investigasi

loading...
Direktur LBH Pers Nawawi Bahrudin menggelar audiensi dengan KPK. Dia menawarkan pemberitaan investigatif untuk membantu KPK mendapatkan informasi guna membuka penyelidikan baru.

 Nawawi berkata akan ada kerja sama dengan 9 media dan 5 civil society organization (CSO) untuk membentuk sebuah portal media.

Media ini akan memberi peluang bagi orang-orang yang mempunyai informasi rahasia tapi khawatir keselamatannya terancam. Informasi itu kemudian akan diverifikasi dan dirangkum dalam sebuah berita investigasi.

"Jadi KPK akan mendapatkan peluang itu dalam kerja-kerja yang sudah kita lakukan dalam bentuk jurnalisme investigasi, bentuknya berita, sehingga mungkin KPK bisa (menjadikan ini) menjadi bukti awal untuk ditindaklanjuti ke penegakan hukum," kata Nawawi seusai audiensi di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2018).

Nawawi berharap ke depannya akan ada sinergi dengan KPK. Sebab, menurutnya, yang akan diangkat adalah informasi soal kebijakan publik dan terbuka peluang soal korupsi.

"Oleh karena itu, kalau sudah berbentuk berita dan terkait korupsi, tentunya kita akan kerja sama dengan KPK untuk lebih menjelaskan posisi kasusnya," kata Nawawi.

Sementara itu, untuk pemberi informasi akan dijamin anonimitasnya. Bahkan Nawawi menyebut media ini akan menggandeng Lembaga Perlindungan Saksi dan Tersangka (LPSK). Sebagai produk jurnalistik, Nawawi juga sudah berkomunikasi dengan Dewan Pers.

"Ini tentunya produknya berita. Oleh karena itu, kita juga sudah audiensi dengan Dewan Pers. Dan misalnya informan kita ini terbongkar rahasianya, maka kita sudah audiensi dengan LPSK sehingga segala kemungkinan sudah kita antisipasi," tuturnya.

KPK juga disebutnya mengapresiasi usulan ini. Bahkan Nawawi berkata Ketua KPK Agus Rahardjo yang ditemuinya mengatakan inisiatif ini akan membangun kesadaran bahwa korupsi adalah pelanggaran hukum yang berdampak luas bagi masyarakat.

"KPK sangat mengapresiasi inisiatif ini karena, menurut Pak Agus Rahardjo, sebenarnya persoalan korupsi ini harus menjadi isu bersama, tidak hanya menjadi tugas KPK," ucap Nawawi.  detik.com
loading...

Comments