loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Presiden Jokowi Disarankan Tak Terlalu Serius Tanggapi Kritik Amien

loading...

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Syamsuddin Haris menyarankan agar Presiden Joko Widodo tak menanggapi serius berbagai kritik yang dilontarkan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Sebab sejumlah kritik yang dilontarkan Amien dinilainya tak objektif dan tak berdasar.


"Tidak usah ditanggapi, dia itu orang tua yang lebih baik mengurus cucu saja. Kritiknya selama ini mungkin karena faktor usia saja sehingga omongannya tak ada dasarnya," kata Syamsudin saat dihubungi detik.com, Senin (19/3).

Sejumlah kritik Amien yang dinilainya tak berdasar antara lain soal reklamasi yang diperuntukkan bagi kepentingan Tiongkok. Juga soal kebangkitan PKI di bawah pemerintahan Jokowi.

Syamsudin juga tak sependapat dengan Amien yang menyatakan kebijakan Jokowi membagi-bagian sertifikat tanah sebagai langkah ngibul. "Itu tindakan penting dan sangat diperlukan. Banyak orang mengalami kesulitan untuk mendapatkan status tanahnya," kata Syamsudin.

Dihubungi terpisah, tokoh Muhammadiyah Hajriyanto Y. Tohari justru menilai berbagai kritik yang dilontarkan Amien Rais masih dalam kerangka demokrasi. Karena itu tak perlu ditanggapi dengan sakit hati. "Pada dasarnya kritik itu diperlukan dalam kehidupan demokrasi. Dalam demokrasi kritik itu biasa," ujarnya.

Hajriyanto menilai positif bila Presiden Jokowi berkenan untuk bertemu empat mata dengan Amien Rais, seperti pernah dilakukannya dengan tokoh-tokoh lain. Lewat pertemuan tersebut diharapkan masing-masing pihak dapat lebih saling memahami dan kritik-kritik yang muncul tak dinilai terlalu liar.

"Toh selama ini Amien dikenal sebagai orang yang terbuka untuk membuka dialog dengan siapapun, bahkan orang yang dikritiknya," ujar Hajriyanto.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Azhar Simanjuntak menyatakan tak ada salahnya jika ada silaturahmi antara tokoh reformasi tersebut dengan Presiden Jokowi. Menurutnya Amien berperan seperti bapak dalam kehidupan bernegara saat ini.

Ungkapan kritik merupakan bagian sikap khas Amien Rais dalam setiap pemerintahan. Amien selalu mengkritik setiap Presiden yang berkuasa di Indonesia sejak masa Orde Baru.

"Jangan lupa, Amien juga melakukan hal yang sama terhadap Presiden Soeharto pada masa Orde Baru, dan beliau memang punya kekhasan dalam memilih diksi-diksi kritiknya, pedas dan menyengat," ucapnya.

Menurutnya Amien berusaha mengambil peran sebagai tokoh penyeimbang setelah paripurna dalam politik. Setiap kritik Amien ditujukan tanpa niat jelek dan kebencian secara personal kepada Jokowi. detik.com



loading...

Comments