loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Turnbull Ajak Pemimpin ASEAN Kompak Jaga Keamanan dan Kemakmuran

loading...
Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengajak kepala negara ASEAN memperkuat dan menciptakan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik. Turnbull optimistis ASEAN akan menjadi titik sentral Asia di masa depan.


"Australia dan negara tetangganya, ASEAN, telah berkomitmen untuk membuka pasar dan perdagangan bebas. Stabilitas dan keamanan dan ASEAN adalah pusat dari Asia untuk masa depan keamanan, kemakmuran, dan stabilitas kawasan kita. Ini sangat mendasar dan kami menyadari hal itu dan mendukungnya di sini dengan KTT istimewa ini," kata Turnbull saat berbicara di hadapan para pemimpin ASEAN di KTT ASEAN Australia di International Convention Centre, Sydney, Australia, Sabtu (17/3/2018).

Dia menambahkan, selama 40 tahun terakhir, ASEAN telah mengalami pertumbuhan ekonomi. Turnbull juga menyebut ada enam negara di ASEAN yang diprediksi bakal lebih besar daripada Amerika maupun Uni Eropa.


"IMF memprediksi 5 tahun ke depan, ekonomi enam negara ASEAN akan tumbuh, berkembang lebih pesat dari China, dan setiap negara akan lebih besar dari Amerika dan Uni Eropa," ujarnya.

"Secara pasar, jumlah kelas menengah di kawasan ASEAN akan berkembang lebih dari empat kali lipat, akan menjadi 160 juta pada 2030. Dengan kata lain, ada peluang bagi perusahaan Australia untuk berinvestasi dan mengekspor ke kawasan ASEAN, begitu juga bagi perusahaan ASEAN untuk melakukan hal yang sama. Bersama-sama kita bisa memanfaatkan peluang-peluang tersebut," imbuh Turnbull.

Namun, Turnbull mengatakan, hal itu tidak akan tercapai jika tidak ada kesepakatan antarpemerintah dan para pebisnis. Dia menambahkan, hal itu menjadi salah satu alasan Australia menjadi tuan rumah bagi pertemuan kepala negara ASEAN.

"Oleh sebab itu, kami memerlukan masukan dari semua pihak yang hadir. Australia juga membutuhkan feedback dari petinggi ASEAN, kami benar-benar memerlukan itu," katanya.

Turnbull kemudian menyebutkan sejumlah perjanjian yang dilakukan Australia dengan negara anggota ASEAN. Di antaranya Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA), Trans-Pacific Partnership (TPP) 11, hingga Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).  detik.com


loading...

Comments