loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Wiranto: Tak Mungkin Ada Negara yang Mampu Mengatasi Ancaman Siber Sendirian!

loading...
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, tidak ada suatu negara yang mampu mengatasi ancaman siber dan terorisme secara sendirian.
"Tidak ada single state yang sendirian mampu mengatasi ancaman siber, tidak mungkin. Perlu kerja sama regional dan global untuk mengatasi ancaman siber dan terorisme," kata Wiranto di sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Singapura, Sabtu 28 April 2018.

"Maka selalu kalau kita pergi keluar negeri, ke suatu negara, dalam rangka membahas keamanan nasional masing-masing negara, selalu kita membicarakan keamanan regional dan global karena kita harus bekerja sama," kata Wiranto.



Ia menegaskan, setiap dirinya kunjungan ke negara lain, pihaknya bicara bagaimana semua pihak secara bersama-sama menangani pengamanan siber. Menurut dia, ancaman siber sama dengan terorisme. Ancaman siber tidak mengenal batas negara dan ia tidak taat pada regulasi negara manapun.

"Dia bisa lintas negara maka tidak ada single state yang sendirian mampu mengatasi ancaman siber, tidak mungkin, kayak terorisme," tegas Wiranto.

Ia menegaskan, ketika pejabat di lingkungan Kemenko Polhukam pergi keluar negeri dalam rangka membahas keamanan nasional masing-masing negara, selalu dibicarakan keamanan regional dan global karena penanganan masalah itu memerlukan kerja sama.

"Saya baru saja pulang dari Rusia, sebelum saya ke Singapura ini mengikuti rombongan Presiden untuk pertemuan ASEAN," katanya.

Ia mengungkapkan, materi pembicaraan dalam kunjungan ke Rusia itu juga masalah keamanan global, juga bicara terorisme dan ancaman siber.

Menurut dia, ketika bicara keamanan global, pasti tidak lepas dari dua hal, yaitu bagaimana melawan cyber attack dan melawan terorisme. "Di Indonesia, kita juga sedang menghadapi perkembangan cyber space yang memang dapat mengarah kepada ancaman kalau kita tidak menanganinya dengan baik," kata Wiranto. okezone.com
loading...

Comments