loading...

Video Pria Puji Ahok Berhasil Atasi Banjir Jakarta Dengan Tanggul

NAWACITA JOKOWI

Jokowi Lantik Kepala BSSN Djoko Setiadi

JOKOWI Kecam Pernyataan TRUMP Atas YERUSALEM

Jokowi Beri 1.230 Sertifikat Tanah di Papua Barat

Dunia Akui Kinerja Ahok

Fakta...!!! Praktek Uang Haram Trotoar Tanah Abang Dibongkar Tim Najwa Shihab

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Pesan JOKOWI Untuk Relawan PROJO Hadapi Tahun Politik

loading...

Mendagri: e-KTP Rusak Disimpan di Gudang Bogor Sejak 8 Tahun Lalu

loading...
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut e-KTP rusak sudah disimpan di Gudang Aset Kemendagri sejak 8 tahun lalu. e-KTP rusak itu berasal dari berbagai daerah.


"Di sini aja ini 8 tahun. Mulai 2011. Pengadaan 2010, 2011 mulai dicetak, yang rusak salah ketik, salah nomor, salah alamat disimpan di sini," kata Tjahjo saat meninjau Gudang Aset Kemendagri di Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018).

Ia pun memastikan e-KTP yang tercecer beberapa waktu lalu rusak dan tak bisa digunakan lagi. Menurutnya kerusakan e-KTP bukan cuma fisik, namun bisa juga kerusakan data.

"Karena yang tercecer kalau yang tercecer itu sudah dipotong kan nggak masalah. Orang kan nggak tahu ini rusak atau tidak. Salah ketik, salah alamat, salah tanggal lahir, NIK-nya salah," ucap Tjahjo.

"Ada 2 jenis, rusak fisik dan data. Misal Anda udah nyetak sudah rekam data, dicetak di pusat, ternyata salah, saya ganti yang benar. Yang benar saya serahkan. Tidak saya bilang kemarin saya ketik salah. Kan yang dikasih yang benar," sambungnya.

Sebelumnya, peristiwa tercecernya e-KTP terjadi di simpang Salabenda, Desa Parakansalak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Ada sekitar 6.000 e-KTP yang jatuh dari truk. 
Namun saat ini e-KTP sudah masuk gudang Kemendagri di Kabupaten Bogor.

Seluruh e-KTP rusak di Gudang Kemendagri itu akan dimusnahkan usai pilpres 2019. Tujuannya agar ada bukti jika diperlukan nantinya.

Saat ini ada seratusan petugas Kemendagri tengah menggunting e-KTP secara manual menggunakan gunting dan alat pemotong kertas. Proses pemotongan dilakukan di teras gudang aset Kemendagri.  detik.com

loading...

Comments